Banyak orang mengakses smartphone sambil berjalan, padahal ini berbahaya. Tabrakan dengan pejalan kaki lain, menabrak tiang atau pohon, menyeberang jalan dengan sembrono, hingga terjerembab karena kaki masuk ke lubang. Ini bisa terjadi karena aktivitas jalan kaki teralihkan oleh melihat smartphone, baik untuk melihat teks, gambar, maupun mendengar suara.  

Saat ini Google sedang mengembangkan aplikasi yang dapat memperingatkan pejalan kaki yang membahayakan dirinya karena melihat smartphone sambil berjalan. Diperkirakan aplikasi ini akan dapat digunakan pada pertengahan November 2021, seperti yang dikutip dari bgr.com. Aplikasi ini akan disediakan untuk Android, awalnya untuk Pixel Phone (ponsel yang dirilis oleh Google), tapi nanti akan tersedia untuk perangkat lain.

Fitur Heads Up akan tersedia dalam aplikasi Digital Wellbeing di seksi Reduce Interactions. Bila sudah dapat digunakan, Heads Up di sini dapat diartikan sebagai menyetop aktivitas menggunakan smartphone sambil berjalan. Atau, setidaknya fitur ini akan memperingatkan aktivitas berbahaya kala menggunakan smartphone sambil berjalan.

Ketika pengguna mengakses smartphone sambil berjalan, maka Heads Up akan langsung mengingatkan. Di layar smartphone akan muncul peringatan seperti “Watch your step”, “Stay alert”, dan “Look up”. Untuk dapat digunakan, aplikasi akan meminta akses kepada kegiatan fisik– jadi smartphone akan tahu bahwa gadget ini digunakan saat berjalan. Juga, secara optional meminta data lokasi.

Tapi, memang akhirnya semua tergantung kepada keputusan pengguna saat melihat tanda-tanda peringatan Heads Up ini di layar smartphone. Memang, sebaiknya menggunakan smartphone tidak sambil berjalan. Menggunakan smartphone dengan bijak.  

Ardi Bramantyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here